PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING LAKSANAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Rabu 07 April 2021, Prodi Bimbingan dan Konseling (BK) IAIN Bukittinggi melaksanakan kegiatan pengabdian ke masyarakat di SMA Negeri 1 Matur. Kegiatan ini sebagai bentuk tindak lanjut dari pembicaraan Kerjasama antara MGBK Tingkat SLTA Kabupaten Agam dengan Prodi Bimbingan dan Konseling IAIN Bukittinggi.

Kegiatan Pengabdian masyarakat ini dengan Narasumber dari Dosen program Studi Bimbingan dan Konseling yaitu Ibu Alfi Rahmi, M.Pd, Ibu Rahmawati Wae, M.Pd, Ibu Sri Hartati, M.Psi, Psikolog, Ibu Intan Sari, M.Pd, Kons dan Ibu Elviana, M.Pd. Kegiatan pengabdian Masyarakat juga melibatkan peran serta mahaiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling yaitu Sabaruddin sebagai teknisi dan membantu pelaksanaan praktik media.

Pada kesempatan kali ini, Prodi BK IAIN Bukittinggi memberikan materi terkait “Art Counselling” kepada guru-guru BK se-kabupaten Agam. Dalam hal ini, peserta MGBK dilatihkan akan keterampilan-keterampilan baru yang dapat membantu guru BK dalam melakukan pelayanan konseling, salah satunya melalui media Art Counselling melalui Konseling Kreatif.  BK adalah ilmu yang selalu berkembang, maka dalam pelayanan konseling yang diberikan kepada peserta didik juga harus disesuaikan dengan perkembangan ilmu dan zaman, yang menuntut kreativitas-kreativitas dan inovasi-inovasi dari guru BK/Konselor sekolah sebagai penyelenggara pelayanan.

Peserta sangat antusias dalam mengikuti acara, karena media art counseling ini juga termasuk sesuatu yang baru bagi guru-guru BK. Dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, Prodi BK IAIN Bukittinggi juga melibatkan peran aktif dari mahasiswa. Peserta kegiatan MGBK berjumlah 26 orang dari beberapa sekolah Tingkat SLTA Se Kabupaten Agam.

Dalam kesempatan ini, Prodi BK juga melakukan sosialisasi terkait Kampus IAIN Bukittinggi dengan membagikan brosur-brosur kepada guru-guru. Diharapkan hal ini juga menjadi hal positif terhadap perkembangan IAIN Bukittinggi ke depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *