TF Churchy - шаблон joomla Книги
Print

Sambutan Kajur PTIK

Riri_Okra.jpgIAIN Bukittinggi memiliki 4 Fakultas yaitu: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang terdiri atas 6 jurusan yakni: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Jurusan Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Syari’ah yang terdiri atas 3 jurusan yakni: Jurusan Al Ahwal Al Syakhsiyah, Jurusan Muamalah, Jurusan Jinayah Siyasah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang terdiri atas 3 jurusan yakni: Jurusan Ekonomi Islam, Jurusan Perbankan Syariah dan Jurusan D-III Perbankan Syariah, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah serta Pascasarjana dengan 2 kosentrasi yaitu: Hukum Islam dan Pendidikan Agama Islam.

Jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer merupakan salah satu jurusan yang ada di lingkungan IAIN Bukittinggi beralamatkan di Kampus II IAIN Bukittinggi, Jl. Raya Gurun Aur Kubang Putih, Kabupaten Agam, Telp. (0752) 33136, 34320, 34310, 34370 dan Fax. (0752) 22875, 34320. Jurusan PTIK merupakan bagian dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan PTIK memiliki 11 dosen tetap yang terdiri atas 5 dosen Ilmu Komputer yang sudah S2 dan diantaranya ada yang sedang studi lanjut S3, 6 dosen kependidikan 3 diantaranya S3 dibidang Ilmu Kependidikan dan 3 orang lagi lulusan S2. Mahasiswa pada jurusan PTIK sebagian besar berasal dari Sumatera Barat dan sebagian kecil berasal dari daerah-daerah di luar Sumatera Barat. Dari segi usia rata-rata berkisar antara antara 18 – 24 tahun. Latar belakang pendidikan umumnya Madrasah Aliyah Negeri/Swasta, Pondok Pesantren, SMA dan SMK.

Lulusan jurusan Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer bergelar S.Pd dengan keahlian yang dimiliki oleh lulusan pada jurusan ini adalah: Tenaga Pendidik bidang Teknologi Informasi (Komputer), Analis sistem informasi pada perusahaan swasta maupun pemerintah, Web Designer, Graphic Designer, Programmer Komputer, Administrator Networking, Administrator Database dan Web Content Editor.

Mahasiswa dilibatkan dalam berbagai kegiatan, sehingga peran aktif mereka juga diapresiasikan, berupa keorganisasian yang ada pada lembaga IAIN Bukittinggi, yaitu: DEMA, HMJ, dan UKM serta UKK seperti kegiatan olahraga antara lain meliputi, bola voli, sepak bola, panjat tebing, pecinta alam dan bela diri. Sedangkan kesenian antara lain : paduan suara, dan band musik dan lain-lain. UKM yang paling diminati oleh jurusan PTIK yaitu: Organisasi Berbasis IT (ORBIT), dimana mahasiswa dikelompokkan sesuai dengan bidang minat mereka dalam ilmu komputer, yakni: Pemograman Komputer, Jaringan, Multimedia dan Komputer Terapan.

Kurikulum yang diterapkan pada jurusan PTIK sudah dua kali mengalami perubahan. Kurikulum yang pertama dipakai adalah kurikulum 2009, dan sekarang kurikulum 2013 setelah melakukan semiloka kurikulum yang dirancang sesuai dengan kebutuhan stakeholder. Saat sekarang sedang meramu kurikulum berbasis KKNI.

                                                                    Bukittinggi,       September 2016

                                                                    Ketua Jurusan PTIK

 

                        RIRI OKRA, M.Kom

                                 NIP. 197910172011011010

Contact Info

Sekretariat :
Kampus  II IAIN Bukittinggi
Jl. Raya Gurun Aur Kubang Putih Kab. Agam
Telp.  (0752) 33136, 34310
Fax. (0752) 22875

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

IAIN Bukittinggi

Icon