TF Churchy - шаблон joomla Книги

Seminar dan call Paper Jurusan Bimbingan Konseling (BK) IAIN Bukittinggi

Written by Super Admin on . Posted in News

Ketua Jurusan Bimbingan Konseling (BK) IAIN Bukittinggi Fadhilla Yusri, M.Pd mengatakan Konseling agama islam muncul dari kesadaran bahwa manusia adalah makhluk tuhan. “Praktik konseling ini berawal dari keyakinan bahwa selalu ada intervensi tuhan dalam keseluruhan kehidupan manusia. Konseling islam merupakan sebagai sebuah upaya untuk menyadarkan individu atas eksistensinya sebagai makhluk Allah S.W.T. Pelaksanaannya berlandaskan Alquran dan Hadist.”

Secara umum, “diharapkan dari adanya integrasi nilai-nilai islam dalam keseluruhan proses konseling, individu dapat mewujudkan diri seutuhnya sebagai manusia, serta mendapatkan keselerasan antara kehidupan dan kebahagiaan duniawi maupun ukhrawi. Secara khusus diharapkan dengan integrasi tersebut, individu dapat menerima irama kehidupan yang bersifat fluktuatif, tabah dalam menghadapi persoalan-persoalan, meyakini bahwa setelah kesempitan pasti ada kelapangan, dan meyakini dengan sungguh-sungguh bahwa ada Allah, Sang Maha Segala sebagai penolong untuk setiap persoalan.”

Sebagai pendekatan yang relatif masih baru, masih banyak konselor yang belum memahami konsep dan memiliki pengalaman yang banyak mengenai konseling islam, akibatnya masih sedikit konselor yang memilih konseling islam sebagai alternatif intervensi untuk persolan-persolan kliennya.  Untuk itu tujuan diangkatkan acara ini yaitu Membangun pemahaman konselor mengenai Konseling islam dan 2. Membumikan pendekatan konseling islam dalam kegiatan konseling disekolah dan masyarakat

Narasumbernya yaitu Dr. Anwar Sutoyo, M.Pd (UNNES Semarang), Prof.Dr.H. Juntika Nurihsan,M.Pd (UPI Bandung) dan Assoc. Prof. Dr. Faizah Binti Abd. Ghani (UTM Malaysia). SUB TEMA call paper ini yaitu (1)  Konseling Lintas Budaya, (2)  Konseling Keluarga Islam, (3) Konseling Anak & Remaja, (4)  Pengembangan Asesmen dalam Pengungkapan Penyimpangan (5) Psikoterapi Konseling Islam (6).  Bimbingan Konseling Kelompok, (7)  Konseling Karir (8)  Konseling Populasi Khusus, (9)  Konseling Trauma, (10) Teknologi Informatika dalam Konseling dan (11) Supervisi dalam Konseling.

Ketua jurusan BK IAIN Bukittinggi mengajak akademisi, guru, mahasiswa dan pemerhati BK bisa mengikuti acara ini. “Paling lambat untuk makalah diserahkan tanggal 30 April 2017 ini” tutupnya. (Ilham Mustafa-Humas IAIN Bukittinggi)

Contact Info

Sekretariat :
Kampus  II IAIN Bukittinggi
Jl. Raya Gurun Aur Kubang Putih Kab. Agam
Telp.  (0752) 33136, 34310
Fax. (0752) 22875

e-Mail :
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

IAIN Bukittinggi

Icon